Kamis, 12 Juli 2007

SOAL UAS SIM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

UJIAN AKHIR SEMESTER

Dosen: Syahiduz Zaman, MKom
Mata kuliah : Sistem Informasi Manajemen

Soal:

1. Definisikan pengertian SIM menurut saudara.
2. Berikan saran-saran kepada pimpinan/manajer puncak tempat saudara ‘bekerja’ tentang pentingnya implementasi sistem informasi manajemen SIM pada organisasi/perusahaan tempat saudara ‘bekerja’.
3. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi gagalnya dalam membangun SIM.
4. Jelaskan yang saudara ketahui tentang bisnis global dan strategi-strateginya dalam menyikapi persaingannya.
5. Apa yang saudara ketahui tentang moral, etika dan hukum serta bagaimana penerapannya (dalam bidang ICT)?. Jelaskan pula hubungan antara moral, etika dan hukum tersebut.
6. Buatlah sebuah abstraksi tentang tugas kelompok saudara dalam empat paragrap. Paragrap pertama berisi pengantar/pendahuluan, paragrap kedua berisi kajian teroritis, paragrap ketiga berisi kajian implementasi, paragrap keempat berisi tentang pendapat saudara terhadap kemungkinan perkembangannya ke depan.
7. Keyakinan apa yang membuat proposal penawaran kerjasama yang saudara buat dapat diterima ‘calon customer’. Jelaskan.
8. Komponen-komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah proposal penawaran kerjasama yang saudara buat tersebut. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen tersebut.
9. Penilaian dan evaluasi tentang kinerja terhadap atasan atau bawahan mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi/perusahaan. Sebutkan dan jabarkan komponen apa saja penilaian/evaluasi tersebut.
10. Perkembangan jaringan elektronik baik untuk perdagangan, pendidikan, pemerintahan seperti e-commerce, e-learning dan e-government semakin menunjukkan hasil dan perkembangan yang signifikan. Buatlah sebuah konsep baru jaringan elektronik menurut saudara dalam ‘minimal’ dua paragrap. Contoh/ide (tidak untuk dibuat jawaban): e-pesantren, e-doctor.

Ketentuan:
1. Dikerjakan dalam waktu 2 x 24 jam. Jawaban melebihi hari Ahad, 15 Juli 2007 pukul 10.00 tidak diterima dan diberikan nilai ‘D’.
2. Segala tindakan penjiplakan (kesamaan/kemiripan yang dominan) akan dikenakan sanksi berupa nilai maksimum C. Original jawaban sangat mudah dievaluasi.
3. Jawaban dalam bentuk format txt (ditulis menggunakan program Notepad). Urut dari nomor terkecil ke nomor terbesar.

Alamat email:
1. ujianSIMUIN2007@yahoo.co.id
cc-kan ke:
2. ujianSIMUIN2007@telkom.net

2 komentar:

Asik Sekali..™ mengatakan...

sekalian, bwt temen2 TI yang OL, harap bertukar ID Y!M untuk diskusi.
trims.

My ID: felixcun
thanx b4 ;)

HMI Saintek mengatakan...

selamat. semoga semua tambah maju dan berkembang. succes smua